Jumat, 14 Oktober 2016

Bukit Kelam

Bukit Kelam
Bukit kelam, salah satu destinasi wisata dari Provinsi Kalimantan Barat, tepatnya berada di Kabupaten Sintang.

Bukit Kelam merupakan bukit batu PALING TINGGI, TAPI KALAH TERKENAL. Bukit Kelam memiliki ketinggian 1.002 meter (3.287 ft ), namun kalah terkenal dengan Uluru / Ayers Rock dari Australia yang hanya memiliki ketinggian 863 m / 2831 ft dalam pengakuan batuan terbesar di dunia.
Bukit Kelam atau Kelam Hill menyajikan suatu pemandangan yang sangat indah, terlihat jelas ketika kita melakukan perjalanan dari Sintang menuju Kabupaten Kapuas Hulu. Dibutuhkan kurang lebih 30 menit dari Kota Sintang, Kalimantan Barat, untuk tiba di Bukit Kelam, yang masuk wilayah Kecamatan Kelam, Kabupaten Sintang.

Luas areal wisata alam Bukit Kelam adalah 520 hektare. Di dalamnya banyak sekali terdapat keunikan dan kekayaan hayati. Udaranya sangat sejuk dan segar. Pokoknya, cocoklah buat rekreasi alam bagi semua kalangan.


Cerita Legenda

menurut cerita legenda masyarakat Sintang, bukit kelam adalah batu yang dipikul oleh seorang raksasa / orang sakti bernam Bujang Beji yang berniat membendung sungai Kapuas untuk mendapatkan ikan. Namun saat perjalanan, kakinya menginjak duri beracun sehingga batu itu terlepas dari ikatan dan menimpa dirinya.

Selain cerita legenda, beberapa media massa sudah pernah ada yang mengangkat penilitian bahwa bukit kelam adalah batuan meteor yang jatuh jutaan tahun yang lalu. Hal ini dianggap masuk akal mengingat kondisi jalanan menuju lokasi tersebut yang sangat bergelombang.

Akses Jalan

Jangan berpikiran perjalanan kesana bakalan seperti gambar-gambar yang beredar di internet tentang jalan di Kalimantan yang sangat sulit di akses, apalagi harus nerjang jalan Tanah, masuk hutan, nerjang lumpur . hehehe

Jika berasal dari luar Kalimantan barat, harus ke Pontianak dulu ( terserah mau naik getek apa ngayuh sampan. yang penting nyampe ke Pontianak).

Batu Kelam
Dari Pontianak agan bisa naik bus (tersedia dari ekonomis sampai royal class) paling mahal cuma 200rb dan waktu tempuh sekitar 8 Jam menuju kota sintang. Atau naik pesawat dari Pontianak ke sintang dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

dari kota sintang agan bisa naik kendara motor / mobil langsung ke bukit kelam. Tenang disana ada parkiran kok.

TEMPAT REKREASI PALING COCOK UNTUK SIAPAPUN. DARI YANG JOMBLO SAMPAI YANG BERKELUARGA

Di dekat parkiran bukit kelam terdapat kolam renang dan juga taman bermain dan patung-patung hewan. dengan menaiki tangga, ke bagian kaki bukit, juga terdapat air mancur kecil yang sering dijadikan tempat pemandian wisatawan. air tersebut berasal dari mata air dan juga tampungan air hujan yang mengalir dari atas bukit kelam.

Kondisi alam bukit kelam juga dilengkapi dengan flora dan fauna langka.
Para wisatawan yang jomblo dapat memeluk pohon akasia berusia ratusan tahun. Atau dapat mendaki hingga ke puncak untuk meratapi nasib

Akses kepuncak tidak terlalu sulit karena difasilitasi dengan tangga besi. namun butuh stamina yang kuat untuk mencapai puncaknya. Karena untuk mendaki hingga ke puncak membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam

Tangga menuju puncak bukit kelam
Dipuncak terdapat goa-goa kelelawar dan juga sarang burung walet yang juga menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat sekitar.

Dari puncak. Kalian dapat melihat pemandangan ke seluruh penjuru kota Sintang yang eksotis.


Sumber : http://www.kaskus.co.id/thread/57b95a8260e24be7598b4569/bikin-dunia-tau-bukit-kelam-batu-terbesar-di-dunia/

1 komentar

Cantiknya, Pengen Deh Maen Kesana..
Rental Mobil Jogja


EmoticonEmoticon