Selasa, 18 Oktober 2016

Pasar Terapung

Destinasi wajib anda kunjungi dikota Banjarmasin, Kalimantan Selatan adalah pasar terapung.

Pasar ini terkenal karna keunikanya... sebuah pasar tradisional yang letaknya di atas sungai...


Lalu kenapa disebut terapung? jika melihat difoto, tentu anda sudah bisa menebak sendiri..
Ya betul, para pedagang di pasar ini menawarkan barang dagangannya menggunakan jukung (sebutan perahu khas banjar) , dan begitu pula bagi yang mau beli juga harus menggunakan jukung untuk membeli atau berada dititian.



Di Provinsi Kalimantan Selatan sendiri ada 3 Pasar terapung, yakni Pasar Terapung Kuin, Pasar Terapung Lokba Intan dan terbaru adalah Pasar Terapung Siring Sungai Martapura.


  1. Pasar Terapung Kuin terletak di atas muara sungai barito, lokasinya berada di kelurahan Kuin Utara Kota Banjarmasin, 
  2. Pasar Terapung Lokba intan berada di desa Sungai Pinang, Kecamatan Sungai Tabuk, Kab. Banjar, Kalsel. 
  3. Pasar Terapung Siring Sungai Martapura, 




Waktu mengunjungi ;

Jika anda ingin mengunjungi Pasar terapung, Pasar Terapung  buka antara pukul 06.00 sampai pukul 10.00 WITA.  Perlu diingat,, jangan datang terlalu siang karna banyak penjual yang telah kembali pulang.

Di Pasar Terapung ini para pedagang merapat di area pinggiran siring, dan pembeli di atas titian yang mengapung dengan alas bambu.. Hmm seru kan..

Rute :

Untuk menunjungi tempat wisata Pasar Terapung ini tergolong cukup mudah karena lokasinya yang berada didekat kota Banjarmasin.

- Apabila Anda berasal dari luar kota, Anda bisa transit terlebih dahulu di bandara Syamsudin Noor Banjarmasin Kalimantan Selatan, kemudian setelah sampai disini Anda bisa melanjutkan perjalanan ke kawasan Pasar Apung dengan menggunakan kendaraan darat lain (travel, taksi, mobil, dll), tujuanya yakni siring.

Anda tidak perlu takut tersesat, lokasinya mudah akses dan terintegrasi dg google maps.



Menikmati suasana pasar apung merupakan pengalaman tersendiri bagi wisatawan yang datang ke Banjarmasin, disini Anda bisa menemukan aktifitas jual beli barang yang dilakukan di atas sungai dengan menggunakan sarana transportasi perahu.

Tidak hanya ibu-ibu atau bapak-bapak yang berkunjung di sini, banyak pemuda-pemudi juga berkunjung disini, tidak semuanya dari pengunjung membeli dagangan para pedagang pasar terapung, terkadang hanya sekedar foto-foto dengan teman-temannya dengan back ground para pedagang pasar terapung.

Rata-rata pedagang pasar terapung ini adalah ibu-ibu, dan menjual beraneka ragam, diantaranya;


  1. Bahan-bahan dapur, buah-buahan, sayur mayur.
  2. Wadai / kue khas Banjarmasin seperti; putu mayang, buras, lapat, jagung besumap (jagung kukus).
  3. Makanan khas Banjar, seperti Soto Banjar, ketupat kandangan, dll.

Tidak hanya menikmati keramaian pasar terapung di lokasi pasar terapung di sini pengunjung juga bisa menikmati pemandangan sekitar sungai martapura dengan menaiki kapal klotok (perahu kecil), pengunjung cukup menyisihkan Rp.5000/orang sudah dapat menikmati keindahan sungai martapura dan pemandangan sekitarnya dengan rute yang sudah di tentukan.



Biaya yang sangat murah bukan… karena biaya yang sangat murah dan pemandangan sekitar sungai yang sangat bagus membuat pengunjung juga banyak berbondong-bondong naik di atas klotok ini. termasuk yang bisa kita nikmati pemandangannya melalui kelotok ini seperti: Pasar terapung siring, Menara pandang, Jembatan Pasar lama, Patung Bekantan, Dll.

Selamat menikmati

3 komentar

Kepengen banget bisa nyobain belanja di pasar terapung ini, semoga bisa ke sana segera ya

Iya mba, saya sudah dua kali kesana.. Asyik dsna..
Klu sudah sampai dsna, jgn lupa mengunjungi Pulau kembang..

Kesini juga mba.. Pulau kembang..

https://lokasiwisatakalimantan.blogspot.co.id/2016/10/pulau-kembang.html


EmoticonEmoticon