Jumat, 14 Oktober 2016

Pulau Kembang


Sekilas Mengenai Pulau Kembang

Pulau Kembang merupakan sebuah pulau yang berada ditengah sungai barito, pada dasarnya adalah sebuah delta yang terbentuk secara alami. Letak Pulau kembang berada di kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan.

Pulau Kembang adalah salah satu primadona yang ada di Banjarmasin, yang bisa kita kunjungi setelah Pasar Terapung.

Pulau Kembang merupakan hutan wisata yang berada dikawasan konservasi di bawah pemangkuan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan seluas 60 Ha. Pulau Kembang ini tidak dihuni manusia namun didominasi oleh fauna seperti kera ekor panjang dan bekantan.



Rute: 

Untuk menuju ke Pulau Kembang kita bisa melalui beberapa akses kesana, di antaranya yang paling sering di lewati wisatawan yakni melalui: Siring Sungai Martapura dan Kampung Muara Kuin.

Namun disini kami akan bercerita rute melalui Siring Sungai Martapura.

Eh iya, disini ada pasar terapungnya juga lho.. Jadi silahkan icip - icip dulu makanan tradisional dan khas denga harga yang bervariasi. 
Pasar terapung di siring


Nah dari sini, mari kita lanjutkan perjalanan...

Alat transportasi utama adalah kelotok. Jangan mimpi kalau menuju pulau kembang naik mobil ya...hehehe
Duduk diatas kelotok
Duduk diatas atap kelotok maupun didalam itu adalah Pilihan.. tapi disarankan duduk diatas... karena kita akan leluas menikmati pemandangan..

Harga Sewa kelotok : kalau hari-hari biasa agak sepi jadi biasanya kita sewa nya bukan perorangan tapi per setiap klotok dengan biaya kurang lebih 300.000/klotok. 

Namun kalau kita berangkat ke pulau kembangnya pada hari libur / minggu, biasanya banyak wisatawan juga yang hendak kesana, jadi kita bisa hanya membayar 35.000/orang kalau sudah cukup penumpangnya minimal 12 orang, kita langsung di antarkan ke tujuan. 

Lama perjalanan ke Pulau Kembang kurang lebih 1 jam, selama perjalanan kita akan melihat keindahan sungai Martapura dan Sungai Barito yang terkenal itu, kehidupan masyarakat di sekitar sungai beserta beberapa kapa-kapal yang sengaja parkir di pinggiran sungai Barito.


Sampai di Pulau Kembang..

Tiket masuk ke tempat wisata Pulau Kembang tergolong cukup murah, hanya dengan Rp.7.500/orang (untuk wisatawan lokal) kita sudah bisa masuk dan ber interaksi langsung dengan ratusan kera disana. 

Untuk mengelilingi pulau kembang kita di sediakan jembatan, karena tanah disana sebagian rawa jadi tidak bisa di lewati. Setelah masuk ke dalam kita akan di sambut oleh 2 buah patung kera putih (hanoman) dan seperti kuil kecil yang di pakai untuk tempat ziarah bagi etnis tionghoa (berdasarkan sejarah mereka mempercayai di sana tempat terkuburnya nenek moyang mereka).

Jangan khawatir kalau tidak membawa minuman dan makanan ya guys, di Pulau kembang ada lho warung yang jualan..

Eh iya ketika jalan-jalan, hati-hati dengan makanan dan minuman anda, karna kera-kera penghuni pulau kembang akan merebutnya dari anda..hehehe


Jumlah kera disini ada banyak, namun jangan takut,,,,mereka tidak galak lho...

Tunjukkan keberanian anda, .. beri makanan kepada kera... wow, bakal menjadi pengalaman yang menarik dan tidak terlupa bagi anda...

Anda perlu berkeliling di Pulau ini guna menikmati keindahanya.. Tarik nafas untuk menghirup udara segar dihutan ini... dan Jangan takut capek ya..hehehe

Sekian dulu ya kisah perjalan di Pulau kembang.

1 komentar

bagus juga tempatnya ngak kalah sama tempat lain
tourjogja


EmoticonEmoticon